Kasus Psoriasis Berat Mungkin Spesifik Gender



Kulit kita sangat penting bagi kita. Ini adalah hal pertama yang orang lihat dan ini sering menunjukkan kesehatan kita. Ini tidak hanya lembut dan lentur, tapi juga bertindak sebagai lini pertahanan pertama kita melawan dunia luar. Beberapa orang terganggu dengan masalah kulit, bagaimanapun, psoriasis menjadi salah satu yang lebih unik dan sulit dikelola. Menurut sebuah studi baru, tampaknya lebih sering terjadi pada pria, yang bertentangan dengan apa yang dipikirkan sebelumnya mengenai kondisinya.

Psoriasis adalah kelainan kulit yang umum yang mempengaruhi siklus hidup sel kulit. Ini menghasilkan sel yang terbentuk dengan cepat di permukaan, memberikan kesan tebal, memiliki sisik keperakan, dan terlalu kering dengan bercak merah. Hal ini juga dapat menyebabkan rasa sakit yang menyiksa bagi mereka yang terkena dampak. Psoriasis dianggap sebagai kelainan autoimun kronis, yang berarti sistem kekebalan tubuh sendiri menyerang dirinya sendiri, dan dalam kasus ini, ia menyerang sel kulit. Ada banyak jenis psoriasis, dan ini adalah daftar dari beberapa jenis yang lebih umum:

Psoriasis plak: Jenis yang paling umum, muncul sebagai lesi kulit merah kering yang meningkat (plak) yang ditutupi sisik keperakan. Plak ini bisa menyebabkan rasa gatal yang hebat yang bisa menjadi menyakitkan seiring berjalannya waktu. Plak bisa terjadi di manapun di tubuh, termasuk alat kelamin dan bahkan jaringan lunak di dalam mulut.
Psoriasis kuku: Jenis ini mempengaruhi kuku tangan dan kaki, menyebabkan pitting, pertumbuhan abnormal, dan perubahan warna. Kerusakan bisa menjadi sangat parah sehingga kuku mungkin mulai runtuh atau bahkan terpisah dari kuku sama sekali (onycholysis).

Kulit kepala psoriasis: Seperti namanya, jenis ini terutama mempengaruhi kulit pada kulit kepala. Ini biasanya terlihat seperti plakat keperakan yang bisa terlihat yang melampaui garis rambut.

Psoriatic arthritis: Jika kulit bersisik tebal tidak cukup buruk, bayangkan juga ada peradangan pada persendian Anda. Jenis ini menyebabkan plak bersisik yang sama dengan kuku yang padu dan berubah warna tapi dikombinasikan dengan sendi yang menyakitkan. Gejala berkisar dari kecil sampai berat tetapi biasanya tidak melumpuhkan seperti bentuk arthritis lainnya.

Kelainan autoimun biasanya memiliki predileksi terhadap wanita, dan yang paling umum adalah lupus eritematosus sistemik (SLE), rheumatoid arthritis, dan multiple sclerosis, semuanya terlihat lebih sering pada populasi wanita. Kami tidak tahu persis mengapa hal ini terjadi, namun menurut sebuah studi baru, ini bukan kasus psoriasis.
Periset mengumpulkan dan meninjau data dari lebih dari 5.400 orang di Swedia dengan penyakit kulit yang umum dan menemukan bahwa wanita memiliki tingkat psoriasis parah yang jauh lebih rendah daripada pria. Temuan ini berlaku untuk semua kelompok usia dan untuk seluruh bagian tubuh, kecuali kepala.

"Penemuan bahwa psoriasis laki-laki seringkali lebih serius membantu menjelaskan kesenjangan gender, dengan lebih banyak pria daripada wanita yang mencari pengobatan psoriasis," kata peneliti senior Marcus Schmitt-Egenolf, seorang peneliti di Departemen Kesehatan Masyarakat dan Pengobatan Klinis di Universitas Umea.
Informasi tambahan tentang salah satu kelainan kulit yang paling umum yang menimpa pria dan wanita dapat membantu penanganan psoriasis parah dan komorbiditasnya.


Jika anda mengidap psoriasis yang membandel segera tanagani dengan ‘’ Ahlinya Obat Psoriasis ‘’ 



Facebook Comment